Sukma Pinilih Putri Pawenang; Imunisasi

By poetry - 23.50

Assalamu'alaikum teman-teman, sahabat tercinta. kabar baik dan kabar sehat ya?

Begitu juga aku, Sukma : "Meskipun sudah dua hari ini badanku lebih hangat dibanding biasanya. Kemarin aku diimunisasi pediacel. Imunisasi untuk bayi 18 bulan yaitu Polio 5, DPT 4, Hib 4.

Pediacel adalah kombinasi vaksin untuk anti difteria, tetanus, batuk rejan atau pertusis, polio dan infeksi HiB, imunisasi diberikan agar tubuh membentuk antibodi sendiri. Sebenarnya Imunisasi yang diwajibkan ada 5, antara lain BCG,Hepatitis B, Polio , DPT, dan Campak.

Waktu aku lahir, petugas medis sudah memberikan HB atau Hepatitis B , diberikan dalam waktu 12 jam setelah lahir, dilanjutkan pada umur 1 dan 3-4 bulan. Berikutnya,
Bulan Juli, aku mendapatkan imunisasi BCG 1, HB2.
Bulan Agustus, aku mendapat imunisasi Polio 2,DPT 1, Hib 1.
Bulan Oktober, aku mendapatkan imunisasi Polio 2, DPT 2, Hib 2.
Bulan Desember, aku mendapat Hepatitis B3 Polio 3, DPT 3, Hib 3.

Kalo tadi yang diwajibkan ada 5, giliran yang dianjurkan ada 7 antara lain; Hib, Pneumokokus (PCV), Influenza, MMR, Tifoid, Hepatitis A dan Varisela. Kata mama Putri Ana Nurani, saat aku disuntik aku enggak pernah menangis, contohnya kemarin aku enggak menangis karena aku lagi tidur hihihi...

Saat imunisasi mama dan papa selalu menemani, kami tim yang kompak.
Oiya teman-teman, sahabatku yang super sehat, imunisasi tadi bermanfaat antara lain:
- BCG (Bacille Calmette Guerin) untuk memberikan kekebalan terhadap penyakit
tuberkolosis,
- DPT (Difteri Pertusis Tetanus) untuk mencegah timbulnya penyakit difteri, pertusis, dan
tetanus.
- Hepatitis B, bermanfaat agar aku memiliki kekebalan terhadap penyakit hepatitis B.
- Campak, bermanfaat agar aku memiliki kekebalan terhadap penyakit campak;
- HiB (Hemophilus Influenzae type B), bermanfaat agar aku memiliki kekebalan terhadap
penyakit radang selaput otak, sedangkan
- MMR (Measles Mumps Rubella), bermanfaat untuk mencegah penyakit campak, gondongan
atau campak jerman.

Okay segitu dulu ya ceritaku, besok kita ketemu lagi.
kalo ada teman-teman yang ikut bergabung silahkan berkomentar disini ya, terima kasih.

  • Share:

You Might Also Like

0 Comments