Sukma Pinilih Putri Pawenang: Lebaran

By poetry - 23.18



Assalamu’alaikum Wr. Wb, bagaimana kabar sahabat teman teman semua. Sukma mewakili seluruh keluarga mengucapkan ‘ Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1433H, Ahad 19 Agustus 2012, Minal aidzin walfaidzin mohon maaf lahir batin.” Kalau selama perjumpaan Sukma dan teman-teman ada sapaan yang membuat teman teman tidak enak hati, tatapi di hari ini kita lebur menjadi satu ya, yang ada hanya kejernihan dan kesucian hati. 

Lebaran ini begitu special seperti lebaran –lebaran sebelumnya, lebaran ini adalah lebaran kedua buat Sukma, seperti beberapa waktu lalu, ritual yang selalu kita laksanakan tepat di hari raya, setelah menjalankan shalat idul fitri bersama, mama Putri Ana Nurani  dan papa mengajak Sukma untuk melakukan sungkem kepada uti-kung, tentunya setelah mama, papa saling bermaafan. Tidak berapa lama tante om juga datang semua mengajak adik Rizky. Kemudian…bersama-sama kita menuju ke tetangga eyang yang dituakan. Waktu sudah menunjukkan jam 8 pagi. Mama ada tugas MC Syawalan RT. Karena bertugas mama berangkat duluan.  Sukma berangkat bersama papa, uti, kung. Alhamdulillah di hari pertama ini, Sukma bisa sungkem sama semua simbah-simbah dan tetangga-tetangga, Sukma bisa bermaaf-maafan dengan teman-teman juga. Halaman dan balai RT 09 dipenuhi oleh orang-orang dari yang tua sampai yang muda, bahkan yang masih balita. Keindahan semakin terasa karena kekompakan antara yang tua dan yang muda, yang muslim maupun beragama nasrani, karena kita saling bergotong royong saling membantu, semisal ketika pemeluk agama Islam menjalankan ibadah shalat idul fitri, pemeluk agama yang lain, menyiapkan tempat, menyediakan makanan dan minuman, mempersiapkan acara syawalan. 

Berikutnya, acara silaturahmi masih terus berlanjut. Setelah mengunjungi keluarga di Bantul, Kalasan, hari berikutnya Sukma mengikuti Trah Partodikaran di Kulon Progo, sekitar + 500 orang, dan di hari berikutnya tanggal 21 Agustus 2012 jam 09.00wib Sukma mengikuti Trah Surodimejan di Monumen Diponegoro Tegalrejo, luar biasa gedung dipadati oleh banyak orang dan kita semua ini adalah trah Surodimejan.  Kalau datang semua, bisa berjumlah +  1500 orang. Lain kali Sukma akan bercerita tentang keluarga Sukma ya teman-teman. Oiya kalo teman-teman punya cerita tentang lebaran ato bersilaturahmi dengan keluarga, saudara atau kerabat, boleh gabung disini ya, silahkan.

 Wassalamu'alaikum Wr. Wb




  • Share:

You Might Also Like

0 Comments