Sukma Pinilih Putri Pawenang; Ramadhan

By poetry - 20.14


Assalamu'alaikum teman-teman, sahabat yang sholeh dan sholehah. Kita telah memasuki bulan ramadhan. Apa cerita teman-teman soal ramadhan kali ini, boleh lho ikut gabung di sini.

Baik untuk mengawali perjumpaan kita, Sukma ingin mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa bagi kakak-kakak semua. Ini adalah ramadhan ke dua buat Sukma, saat ramadhan tahun lalu Sukma masih berumur kira kira 5 bulan seperti tahun lalu, mama mengajak Sukma untuk menjalankan tarawih bersama. 

Diawal puasa banyak jamaah yang datang ke masjid sehingga masjid terlihat penuh tapi Alhamdulillah takmir sendiri sudah menyiapkan tenda-tenda tambahan untuk menampung jamaah yang akan shalat. Masjid Nurul Ilmi (masjid dimana Sukma tinggal) tidak terlalu jauh jaraknya jikalau melewati jalan pintas, akan tetapi jalan pintas saja sudah dipenuhi oleh para jamaah makanya kami harus tawaf karena datang mendekati iqomah isya. Untuk mempersiapkan shalat tarawih, biasanya mama menyiapkan rukuh, sajadah, tas doraemenku (haha...maksudnya tas berisi seluruh kebutuhan Sukma termasuk mainan). 

Ketika mau shalat terawih mama selalu bertanya dulu pada Sukma, kata mama Putri Ana Nurani,"Kakak Sukma mau shalat Tarwih? Ikut? Kalo aku bilang ya, sambil menganggukkan kepala tanda setuju, maka Sukma dan mama berangkat, tapi kalo Sukma nampak rewel mama tidak jadi shalat tarawih di masjid dan memilih shalat berjamaah bersama Sukma di rumah, tapi kalo Sukma capek pengen bobo, mama shalat sendiri (munfarid). Bukan hanya haji saja yang pake tawaf atau mengelilingi tujuh kali, ketika mama pergi ke masjid sambil menggendong aku kita harus memutar jalan atau mengelilingi lebih jauh untuk sampai ke masjid tapi enggak tujuh kali sich... Alhamdulillah tarawih bersama di masjid bisa dilaksanakan, khususnya diawal, pertengahan, dan akhir ramadhan. Sukma tidak rewel, Sukma gembira melihat banyak orang memakai rukuh, dan menajalankan shalat bersama. 

Kalo tahun ini Sukma tidak perlu digendong karena Sukma sudah bisa berjalan dan memakai rukuh. Di awal ramadhan Sukma dan mama pasti menjalankan shalat tarawih bersama di masjid. Oiya teman-teman, kalo di waktu bulan ramadhan kita harus lebih rajin membaca Al Quran, mendengarkan lagu lagu Islami, ikut sahur dipagi hari, buka puasa bersama saat tanda buka berbunyi, mendengarkan Ustadz berceramah, memberikan infak atau shodaqoh (bagus lagi menyantuni anak yatim).

Kata mama: "Shalat adalah berhadap hati kepada Allah sebagai ibadah dalam bentuk beberapa perkataan dan perbuatan yang dimulai dengan takbir dan diakhir dengan salam serta menurut syarat-syarat yang telah ditentukan syara'.

Shalat tarawih adalah shalat sunah yang khusus dikerjakan pada saat bulan ramadhan. Tarawih dalam bahasa arab berarti waktu sesaat untuk istirahat. shalat tarawih jumlah raka'atnya ada yang 8 raka'at dengan 3 raka'at witir, tapi ada juga yang menjalankan 20 raka'at dilanjutkan 3 raka'at witir.

Selain shalat tarawih, saat sahur Sukma sering bangun ikut makan sahur, meskipun enggak puasa, tapi Sukma puasa tidak rewel kok, hahaha...

Wach sepertinya cerita tentang ramadhan kali ini Sukma sudahi ya...nanti Sukma sambung lagi dengan apa itu Rukun Iman dan Rukun Islam. Sampai jumpa teman-teman, Wassalamu'alaikum Wr. Wb.



  • Share:

You Might Also Like

0 Comments