Sukma Pinilih Putri Pawenang; Hikmah dikala Sakit

By poetry - 02.13

Pentingnya Mempersiapkan Imunisasi

Assalamualaikum Wr. Wb dunia, selamat pagi teman-teman sahabat ceria beberapa waktu lalu kondisi Sukma kurang baik, selama empat hari mama merawat Sukma, Alhamdulillah sekarang sudah pulih, kata mama Putri Ana Nurani banyak hikmah yang bisa diambil ketika seseorang mengalami sakit, atau seseorang sedang merawat orang sakit. Melanjutkan cerita sebelumnya setelah diimunisasi aku (baca; Sukma) tiba-tiba sakit, padahal biasanya saat imunisasi pediacel aku tidak pernah panas, akan tetapi beberapa waktu setelah imunisasi justru batuk pilek, selama beberapa hari juga Sukma harus minum obat sirup batuk pilek, antibiotic, ditambah vitamin karena sulit makan, setelah agak baikan, kata mama, Sukma tiba-tiba panas, dihari ketiga suhu tubuh mencapai 39, 7’C, panas tinggi, dokter memberi Sukma penurun panas yang dimasukkan lewat dubur (katanya lebih aman), ketika pulang dokter juga memberikan obat batuk pilek, alergi, vitamin dan obat penurun panas yang diminumkan 4 jam sekali, selama 2 hari panasnya naik turun, bahkan aku enggak mau makan atau minum susu, inginnya minum air putih saja, sampai akhirnya aku menangis keras tidak berhenti-henti karena merasakan tubuh yang tidak nyaman karena dehidrasi. Ketika obat antibiotic habis mama menghentikan obat yang aku minum, berangsur –angsur Alhamdulillah aku pulih, bisa tidur, mulai mau makan, atau minum susu meskipun sedikit, hari berikutnya meskipun masih rewel tapi kata mama aku sudah ada perkembangan pesat, karena tidak mau makan beberapa hari bobot tubuhku menurun drastis, tapi mama yakin nanti aku (Sukma) pasti “maruki” akan cepat makan banyak dan pulih lagi. Terima kasih Ya Allah Sukma sekarang sudah sembuh meskipun sekarang aku masih gampang merajuk, dan minta digendong mama. Ada beberapa hikmah besar yang didapatkan oleh mama dan papa karena merawat sakitku, yang pertama mama dan papa akan lebih memperhatikan pertumbuhan dan perkembangan aku termasuk melakukan imunisasi dengan benar. Kata mama Sukma sakit karena mama dan papa kurang memperhatikan atau tanggap kondisi sekecil apapun yang dialami Sukma, mama papa harus memberikan perhatian besar, dan kasih sayang sepenuhnya kepada Sukma sehingga selalu update perkembangan terkini buah hati (semisal pastikan si kecil saat imunisasi dalam kondisi benar-benar fit (jangan sampai melakukan imunisasi saat bayi terlebih bayi dalam konsisi anget, efeknya bisa berbahaya yang seharusnya imunisasi, memasukkan virus kedalam tubuh, agar memacu tubuh membuat kekebalan tubuh, justru akan membuat bayi jadi sakit. Tentu saja memastikan dokter yang melakukan imunisasi memeriksa terlebih dahulu kondisi bayi), ketiga mama papa harus disiplin dan mampu membagi waktu antara mengasuh anak dengan aktivitas diluar, berikutnya memberikan suasana yang nyaman, tentram, penuh cinta kasih, keikhlasan, kebahagiaan (sakinah mawadah warohmah) hubungan yang harmonis antara kedua orang tua, terakhir menjadi orang yang terus meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT tentunya dengan selalu meningkatkan kedisiplinan dalam menjalankan semua perintah Nya.

  • Share:

You Might Also Like

0 Comments